**Masih sibuk, enggak sempat nulis**

REGISTRASI ONLINE UNMUL BELUM MEMUASKAN

Registrasi atau daftar ulang adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa selama mahasiswa yang bersangkutan masih aktif terdaftar dan belum lulus di suatu program studi yang ada dilingkungan Universitas Mulawarman. Registrasi/daftar ulang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yakni semester ganjil pada bulan Juli/Agustus dan semester genap pada bulan Januari.

Mulai semester ini (Januari 2011) Universitas Mulawarman mengadakan registrasi Online, adapun cara pembayaran bisa dilakukan melalui Teller, melalui ATM maupun melalui Internet Banking Personal. Bagi mahasiswa yang lulus test SNMPTN maupun PBUD pembayaran dilakukan melaui bank BNI sedangkan mahasiswa yang masuk melalui jalur LOKAL pembayaran dilakukan melalui bank BTN.

Adapun tahapan registrasi adalah sebagai berikut:
  1. Membayar SPP pada Bank yang telah ditentukan oleh Universitas Mulawarman selanjutnya pada bukti struk Bank terdapat PIN untuk akses. (dilakukan secara offline atau online)
  2. Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa yang masih aktif dan terdaftar Universitas Mulawarman secara on line dengan mengisi biodata di https://sireg.unmul.ac.id kemudian mencetak (print) tanda terima registrasi. Khusus angkatan tahun 2010 yang sudah menyerahkan print out biodata pada semester sebelumnya cukup menekan tanda ”klik” untuk mencetak biodata, terkecuali ada perubahan data.. (dilakukan secara online)
  3. Menyerahkan sekaligus pengesahan tanda terima registrasi kepada Panitia/BAAK sebagai bukti sudah aktif dan terdaftar pada semester yang bersangkutan, di GOR 27 September Unmul.  (dilakukan secara offline)
  4. Mengambil Kartu Rencana Studi di Fakultas dengan menyerahkan hasil cetak biodata registrasi sebagai bukti telah melakukan registrasi. (dilakukan secara offline)
  5. Mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dan mengkonsultasikan dengan Pembimbing Akademik di Fakultas masing-masing. (dilakukan secara offline)
    Fakta dilapangan menunjukan bahwa dari serangkaian tahapan registrasi hanya pada tahap no 2 yang dilakukan secara online, selebihnya dilakukan secara offline yang mengakibatkan antrian panjang, karenanya beberapa mahasiswa mengeluhkan hal ini, keluhan memang tidak disampaikan lansung ke pihak Universitas akan tetapi beberapa diantara mereka menulisnya distatus facebook. Usulan saya, untuk kedepan sebaiknya semua tahapan diatas dilakukan secara online tidak terkecuali pada pengisian KRS.

    Mudah-mudahan Universitas Mulawarman makin maju dan mahasiswa semakin tenag belajarnya. Amin...

    BACA ARTIKEL LAINYA

    1 komentar:

    Susi Susindra mengatakan...

    Aduh, jadi ingat antrian setiap membayar SPP dll serta mengisi KRS dulu. Bisa seharian atau bahkan sampai esok hari. hihi

    Posting Komentar

    Jangan cuma baca, sampaikan kripik dan sarapan anda melalui komentar.

    Semoga dapat beranfaat bagi anda semua, AMIN