**Masih sibuk, enggak sempat nulis**

LANGKAH PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN

Postingan ini bertujuan untuk memberi gambaran apa yang harus dilakukan oleh teman-teman untuk menyusun proposal penelitian hingga seminar proposal, sebelumnya saya beri catatan lebih dulu mengenai postingan ini yatu: "postingan ini hanya menurut pengalaman pribadi" jika kurang tepat mohon dimaklumi.

Pertama: Pastikan anda memiliki (1) Keinginan, (2) Semangat yang tinggi dan (3) Dosen Pembimbing
Kedua: Kenali karakteristik Dosen Pembimbing anda, artinya anda harus mengetahui jenis penelitian apa yang diminati oleh Dosen Pembimbing anda (PTK, Kuantitatif atau Kualitatif). Jika tidak, siap-siap anda kecewa hehehe.....
Ketiga: Setelah kenal karakteristik Dosen Pembimbing yang anda lakukan selanjutnya adalah menyusun proposal penelitian, menyusun dari mana duluan terserah anda mau urut dari judul, bab 1, bab 2 kemudian bab 3 atau dilakukan acak, yang penting anda harus memulai terlebih dahulu dari judul.
Keempat: Setelah proposal kelar sampai pada bab 3 silakan menghubungi Dosen Pembimbing 1 anda terlebih dahulu dengan tujuan konsultasi proposal (jika ternyata Dosen Pembimbing 1 menyarankan untuk berkonsultasi kepada Dosen Pembimbing 2 terlebih dahulu berarti anda harus mulai dari Dosen Pembimbing 2) pada tahap ini biasanya banyak mengalami perubahan dan harus di revisi.
Kelima: Jangan patah semangat, revisi segera dan kembali temui  Dosen Pembimbing 1 anda, semakin cepat semakin baik. Pada akhirnya proposal anda akan disetujui oleh Dosen Pembimbing 1.
Keenam: Setelah disetujui segera menghadap Dosen Pembimbing 2 untuk berkonsultasi, seperti halnya Dosen Pembimbing 1 pasti akan ada revisi, tetapi semua ada akhirnya kok, ikuti aja semua petunjuk beliau Insya Allah akan di ACC juga.
Ketujuh: Setelah proposal anda di ACC oleh Dosen Pembimbing 2 anda kembali menghadap Dosen Pembimbing 1 untuk melaporkan hasil bimbingan dengan Dosen Pembimbing 2, biasanya urusan tidak akan panjang lebar lagi hanya dicoret sedikit di bagian lembar pengesahan alias ACC.
Kedelapan: Setelah semua Dosen Pembimbing menyetujui "ACC" segera hubungi kedua Dosen Pembimbing,  memintalah kepastian waktu untuk maju seminar proposal.
Kesembilan: Setelah dapat kepastian waktu, segera menghadap ketua/wakil Program Studi (prodi) untuk mendaftarkan diri pada seminar proposal, disini anda akan memperoleh tiga orang Dosen Penguji
Kesepuluh:  Segera menghubungi Dosen Penguji untuk memastikan kesanggupan beliau pada waktu yang telah disepakati oleh pembimbing anda sekaligus penyerahan proposal. Jika beliau tidak sanggup karena ada halangan dan lain sebagainya segera lapor kepada pihak yang berwenang yaitu ketua/wakil Program Studi.
Kesebelas: Langkah terakhir adalah menyiapkan tempat, alat dan konsumsi lalu seminar proposal deh...

Demikian tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat!!!

BACA ARTIKEL LAINYA

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Beh.. yang udah pengen seminar..!!

Nanti kalo seminar kasihh au aku, Mat! Aku mau minta kuenya!

Idmat gokil mengatakan...

Berbagi pengalaman yud, kalo aku maju enggak di ekspose kok biar irit

Anonim mengatakan...

Isi postingannya beda dikit aja sama yg sebelumnya..!!

Idmat gokil mengatakan...

Beda jauh donk iyud, postingan sebelumnya adalah gambaran secara garis besar langkah dari awal sampai pendadaran dan wisuda sedangkan postingan yang ini cuman sampai seminar 1

Posting Komentar

Jangan cuma baca, sampaikan kripik dan sarapan anda melalui komentar.

Semoga dapat beranfaat bagi anda semua, AMIN