**Masih sibuk, enggak sempat nulis**

MENGATASI MASALAH BUKU UNTUK SKRIPSI

Bagi teman-teman yang lagi demam skripsi dan kena flu karena enggak ada buku, mudah-mudah postingan ini dapat menjadi segelas air yang bisa digunakan untuk meminum sebutir pil semangat yang sesuai dengan resep dokter.
Daripada saya mengumbar-ngumbar janji palsu, semu, maya dan fatamorgana, langsung aja deh baca sedikit tips dari saya.
1.    Manfaatkan teman: biasanya teman yang juga sedang menyusun skripsi pasti punya buku, nah kesempatan anda numpang beken alias nebeng.
2.    Manfaatkan ruang baca: mahasiswa yang akan pendadaran diwajibkan oleh program studi menyumbang buku ke perpustakaan program studi, selanjutnya buku-buku yang disumbangkan akan dihimpun dalam perpustakaan program studi dalam hal ini adalah RUANG BACA, nah ini artinya buku yang akan anda gunakan kemungkinan ada disana.
3.    Manfaatkan perpustakaan Universitas: tepatnya didepan perpustakaan Universitas berdiri seorang mahasiswa dan mahasiswi sambil memegang toga (padahal aku binggung menggambarkannya) hingga membatu, itu menjadi sebuah icon tersendiri, saya menilai icon ini berarti dukungan dari Universitas dalam penyediaan buku yang menunjang bagi calon serjana.
4.    Manfaatkan perpustakaan daerah: daerah juga mendukung pendidikan, gak percaya coba lihat saja semboyan “membangun kaltim untuk semua” tertera didepan perpustakaan, karenanya pelayanan yang diberikan pasti memuaskan.
5.    Manfaatkan sumberdaya yang ada: dalam hal ini adalah kemampuan anda untuk membeli buku dari teman-teman sendiri, toko-toko buku yang dapat anda kunjungi diantaranya adalah (1) toko buku “ANDA” di jl swandi, (2) toko “AZIZ” di mal Lembuswana dan komplek Citra Niaga, (3) “GRAMEDIA” di mal Lembuswana dan (4) “KARISMA” di mall Samarinda Citra Plaza (hehehe, bukan maksud iklan).
6.    Manfaatkan internet: jika anda tidak menemukan buku yang diinginkan dari teman, perpustakaan ataupun toko buku setempat maka anda dapat memanfaatkan internet yang menyediakan buku secara online, nah disini anda dapat secara bebas memesan. Selain penjualan buku secara online anda dapat juga menggunakan artikel yang ditulis di blog, tapi jangan sembarangan ngutip lho...., enggak semua tulisan di blog itu benar karena semua orang bisa nulis di blog, lebih baik waspada dari awal donk!!
7.    Manfaatkan fotocofy: jika anda meminjam buku, sebelum dikembalikan sebaiknya fotocofy terlebih dahulu siapa tahu nanti atau dibutuhkan kembali, biar hemat jangan fotocofy semuanya melainkan beberapa lembar saja yaitu (1) sampul depan, (2) halaman yang ada undang-undang hak ciptanya atau lembaran yang ada identitas penulis, judul, tahun, penerbit maupun tempat terbitnya dan (3) halaman dimana anda mengutip.
Demikian tips dari saya semoga bermanfaat, tunjukan partisipasi aktif anda dengan memberi komentar.

BACA ARTIKEL LAINYA

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan cuma baca, sampaikan kripik dan sarapan anda melalui komentar.

Semoga dapat beranfaat bagi anda semua, AMIN